Beranda » Artikel Blog » Mengenal Komponen Water Pump dalam Mesin Mobil

Mengenal Komponen Water Pump dalam Mesin Mobil

Diposting pada 6 February 2020 oleh admin | Dilihat: 1.525 kali | Kategori:

Di dalam sebuah kendaraan bermotor terdapat berbagai jenis komponen yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Seperti misal salah satunya adalah water pump. Mungkin tidak banyak yang mengetahui komponen ini maupun fungsinya. Padahal komponen ini merupakan komponen dengan fungsi yang tak kalah penting dari kendaraan bermotor. Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang komponen ini, beserta cara kerja dan fungsinya.

 

Fungsi dan Akibat Kerusakan pada Water Pump

Kendaraan bermotor memiliki berbagai sistem yang mendukung performanya, dan dalam setiap sistem tersebut tersusun atas komponen yang beragam. Dalam sistem pendinginan, dikenal sebuah komponen bernama pompa air atau water pump. Jangan membayangkan komponen ini seperti pompa air yang umumnya ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun jika dilihat dari fungsi, komponen ini memang memiliki fungsi yang serupa dengan komponen pompa air yang Anda kenal.

 

  1. Fungsi Water Pump

Hal pertama yang harus Anda ketahui tentang komponen ini adalah fungsinya. Water pump atau pompa air ini berfungsi untuk memompa dan mengalirkan air pendingin agar air pendingin bisa bersirkulasi pada semua bagian mesin melalui komponen pendukung lain yang disebut dengan water jacket.

 

  1. Cara Kerja

Cara kerja komponen water pump ini untuk mengalirkan air pendingin ke seluruh bagian mesin adalah dengan cara berputar mengikuti putaran mesin. Pompa air ini terletak dan tersambung dengan pulli yang berada di bagian belakang kipas pendingin. Pulli ini kemudian juga terhubung dengan V-Belt. Karena itulah yang membuat gerakan pompa air ini jadi berputar searah dengan arah putaran mesin.

 

  1. Akibat Kerusakan Water Pump

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui jika komponen ini memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Apabila terjadi kerusakan, maka tentu akan membawa akibat pada kinerja mesin secara keseluruhan. Salah satu akibat yang terjadi jika terjadi kerusakan adalah terjadinya over heating. Hal ini terjadi karena ketika water pump tidak berfungsi dengan normal, maka sirkulasi air pendingin juga akan terganggu. Jika air pendingin tidakk bersirkulasi sebagaimana mestinya, maka proses pendinginan pada mesin pun akan berkurang yang kemudian bisa mengakibatkan over heating.

 

Akibat lain yang bisa ditimbulkan adalah mengakibatkan beberapa komponen lain yang berhubungan dengan komponen ini mengalami pengaratan. Terutama pada bagian kincir. Jika bagian ini berkarat, maka ketika proses sirkulasi air pendingin berlangsung, maka karat tersebut juga akan turut disirkulasikan sehingga pastinya akan menyebabkan karat pada komponen lain yang lebih fatal.

 

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, Anda harus melakukan servis secara rutin untuk mengecek setiap komponen kendaraan Anda, termasuk water pump ini. Kunjungi bengkelquattro.com untuk mendapatkan informasi servis kendaraan-kendaraan impor seperti BMW, VW atau Audi Anda dan lakukan perawatan berkala disini.

Bagikan

Mengenal Komponen Water Pump dalam Mesin Mobil | Bengkel Quattro Audi VW Specialist

Komentar OFF

Maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Anda Mungkin Suka

Quattro Workshop

Bengkel Quattro – Specialist Audi VW

Jl.Cilandak KKO No.1a Depan Pom Bensin Vivo  Jakarta Selatan РIndonesia

email : info@bengkelquattro.com

Live Chat

Online Senin – Sabtu (08.00-17.00) wib

About Quattro Workshop

Quattro Workshop adalah bengkel specialist audi & vw. Datang dan rasakan pengalaman terbaru dalam perbaikkan mobil anda.Banyak Mekanik Specialist Audi dan VW yang mengkhususkan diri menjadi spesialis Audi dan VW. khusus perbaikan mesin dan transmisi, termasuk semua jenis perawatan rutin juga.

Chat via Whatsapp
Quattro Support
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Quattro Support
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja